Pembentukan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Perpajakan

Pembentukan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Perpajakan (LSKP) pada Program Studi Manajemen Perpajakan Program Diploma Universitas Pakuan Bogor.

Sumber daya manusia (SDM) kompeten merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kekuatan daya saing. Mewujudkan SDM kompeten dan berdaya saing di kancah internasional merupakan kunci memenangkan persaingan di era global.

Guna mencapai SDM yag kompeten, diperlukan peningkatan produktifitas, efisiensi dan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas atau kompeten dapat diwujudkan melalui standarisasi dan sertifikasi kompetensi.

Dengan bekal sertifikasi kompetensi, sumber daya manusia yang ada dapat meningkatkan daya saing tenaga kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja diperlukan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan profesi masing-masing.

Kompeten diartikan sebagai kemampuan dan kewenangan yang dimiliki seseorang untuk melaksanakan perkerjaan yang didasari oleh pengetahuan, keterampilan sikap sesuai dengan unjuk kerja yang ditetapkan.

Sejalan dengan hal tersebut Program studi Manajemen Perpajakan pada Program Diploma Universitas pakuan telah melakukan inisiasi kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi dan berencana untuk memiliki tempat uji kompetensi perpajakan sendiri pada Program Diploma Universitas pakuan dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan. Inisiasi kerjasama ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2018 di Gedung Program Diploma Universitas Pakuan Bogor.

Uji kompetensi diperlukan peserta didik untuk mendapat pengakuan keahlian secara nasional dan internasional di bidang perpajakan. Uji kompetensi diatur dalam Petunjuk Teknis Uji Kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Perpajakan dan Kemdikbud, dilaksanakan di suatu tempat yang disebut Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah diverifikasi oleh LSK Perpajakan.

Peserta yang dinyatakan kompeten setelah mengikuti uji kompetensi akan mendapatkan satu lembar sertifikat kompetensi. Blanko sertifikat kompetensi diterbitkan oleh Kemdikbud.

Pengisian blanko sertifikat kompetensi dilakukan oleh LSK Perpajakan, maka sertifikat berlaku sebagai pengakuan kompeten di bidang Pajak Penghasilan Pasal 26.

Direktur Program Diploma Universitas Pakuan Ibu Tjut Awaliyah Z., M.Kom. sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sesuai dengan Misi Program Diploma Universitas Pakuan yaitu agar lulusan mampu untuk menghadapi tantangan kebutuhan dunia kerja, secara global dan mandiri untuk mengembangkan potensi diri menjadi pribadi berpengetahuan, berketerampilan dan berkarakter mulia.


Tentang Kami

Hubungi Kami

Feedback
Kritik dan Saran Anda kirim email:
diploma[at]unpak.ac.id

Phone
Call Center
+62-251-8312-2064

Fax
Layanan Fax Center
+62-251-8356-927

Alamat Kami
Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
Jawa Barat Indonesia